Jumat, 30 Oktober 2015

Ngerjain dan dikerjain penipu yang mengatasnamakan Indosat.




Senin pertengahan Oktober lalu, tepatnya  19 Oktober 2015  ceritanya Aku jalan-jalan ke Tanah Abang, sekalian belanja untuk dagangan. Sepulangnya dari tanah abang jam tiga sore, Aku duduk sebentar, meluruskan kaki, sebelum makan siang yang tertunda. Baru duduk sebentar, HP ku bunyi, ternyata ada SMS dari Indosat. Reflek jari jemariku menghapus SMS tersebut tanpa membaca isi SMS nya,  paling juga promo atau ucapan terimakasih, pikirku, hehe. Beberapa detik kemudian ada telepon dari +62816843552 yang mengaku atas nama Hendra Herlambang dari kantor pusat Indosat Jakarta. Kurang lebih seperti ini pembicaraannya:

Hendra                 : Halo, dengan Ibu Dian?
Dian                      : Iya.
Hendra                 : Ibu, tadi dapat SMS dari Indosat?
Dian                      : Mm, SMS Indosat?
(Sambil kuingat-ingat  SMS yang baru saja ku hapus, itu tadi isinya apa ya?)
Hendra                 : Iya bu, SMS dari Indosat.
Jadi gini Bu, saya Hendra Herlambang dari Indosat pusat di Jakarta. Barusan Saya kirimkan SMS ke nomor Ibu. Ini benar dengan nomor 085728109*** atas nama Ibu Dian kan?
Dian                      : Iya betul. Emang SMS nya apa Mas?
Diomongin disini aja deh..  (Sedikit merasa bersalah karena teringat kalau SMS nya reflek langsung kuhapus tanpa tahu isinya, hehe. Dalam hati, ini paling mau promo program atau survey pelanggan.)
Hendra                 : Kami kirimkan kode verifikasi ibu.
Ada yang perlu kami kroscek. Jadi tolong ibu bantu bacakan kode yang kami kirimkan.
Dian                      : Sorry ya Mas, tadi SMS nya udah reflek Aku hapus.
Hendra                 : Oh gitu, tidak apa-apa bu.
Kami akan kirimkan ulang SMS nya ya. Tunggu sebentar jangan ditutup telfonnya.
Dian                      : Ya…
(Masih saja sambil ngobrol dengan diri sendiri dalam hati. Ini orang ngapain sih, kode ngirim sendiri kok Aku suruh bacain. Tapi biarin lah, namanya juga orang kerja, mungkin butuh bantuan costumernya. Tiba-tiba ada SMS masuk lagi dari Indosat)
Hendra                 : SMS nya sudah masuk Ibu?
Dian                      : Iya, sudah..  
(Sambil membuka SMS dan mencoba memahami SMS-nya.)
Hendra                 : Saya jelaskan dulu ya Ibu.
Jadi gini Bu, kami dari Indosat ada program pemberian penghargaan untuk konsumen kami yang setia menggunakan Indosat. Ibu adalah salah satu dari sepuluh konsumen yang terpilih sebagai konsumen yang setia. Pembicaraan kita dalam telfon telah kami rekam sebagai bukti proses serah terima hadiahnya ya Bu. Dan nanti malam rekaaman ini akan ditayangkan di MNC TV pukul 22.30 WIB. Namun untuk mengkroscek data ibu apakah benar ibu yang berhak menerima hadiah ini, saya telah mengirimkan kode verifikasinya bu. Tolong dibacakan ya bu kodenya.
Dian                      : (Diam sambil ngobrol sama diri sendiri.
Waaah, penipuan nih.. Tapi gimana caranya ya dia kok bisa ngirim SMS atas nama Indosat? Jadi penasaran. Sambil terus mencoba memahami isi SMS dari indosat yang isinya masih asing bagiku. Begini isinya: “Kata kunci indosat assistant Anda : Uk***g. Ketikkan kata kunci ini di web Indosat Assistant untuk aktivasi Akun Anda.”  Layanan apa ya Indosat Asistant itu? Baru denger dah, ga pernah pake layanan itu).
Hendra               : Bu.. Bu Dian, kenapa Ibu diam saja?
Tolong bacakan kodenya ya… Saya tolong dibantu.
Dian                 : Bentar Mas, ini SMS nya suruh masukin kodenya ke web kok, bukan suruh bacakan. (Sambil ngeles dan ragu antara mau Aku bacakan atau nggak. Takutnya dia jadi bisa menyalahgunakan nomorku.)
Hendra            : Bu Dian, Saya kan sudah bilang, itu kode verifikasi untuk pemberian penghargaannya, Saya yang akan membantu ibu masukan kode itu ke web. Jadi ibu nggak perlu buka web.
Dian             : Gitu ya? Saya masukin sendiri aja deh, ntar saya buka webnya indosat dulu.
Hendra            :Bu, waktu kita nggak banyak, kalau kodenya nggak segera dimasukan, hadiah ibu akan hangus. Dan sambungan telfon ini juga nggak bisa diulang. Tolong diefektifkan waktunya bu, terkait dengan durasi juga. Karena kami bekerjasama dengan beberapa pihak. Nggak enak kalau kelamaan. Tolong segera bacakan saja kodenya.
Dian             : (Nih penipu ada aja ya alasannya, Aku jadi penasaran gimana cara kerjanya. Kasih tau aja kali ya, coba setelah ini ngapain. Kalau dia nyedot pulsa, biari aja pulsaku kan tinggal Rp 185,- hehe. Kalau nomorku bermasalah, kubawa aja ke gallery. Coba ah, hehe. Jailin penipu sekali-kali boleh lah ya, tapi harus tetep hati-hati. Semangat jahil kun pun membara.)
Hendra              : Bu, bu Dian. Kenapa masih saja diam? Saya beneran dari Indosat lho bu, tadi kan saya yang mengirimkan pesan. Jadi tolong segera bacakan kodenya ya.
Dian                     : Ya… Uk***g
Hendra                 :Baik, saya ulang ya bu.. Uk***g sudah benar bu?
Dian                     : Ya..
Hendra            : Oke.. Ini Benar dengan Ibu Ilmi Dian Asrini nomor HP 085728****** , beralamatkan di Jalan HOS Cokroaminoto Pekalongan Jawa Tengah ya Bu.
Dian                : Ya.. (Sengaja jawab singkat-singkat supaya kelihatan polos. Sambil menikmati lelah  dan minum es the. Hehe)
Hendra                 : Pulsa Ibu saat ini tinggal Rp 185,- benar bu?
Dian                     : Kayaknya sih gitu. (Kok dia tahu pulsaku?)
Hendra                 : Segera lakukan pengisian pulsa ya Bu. Saya jelaskan lebih lanjut ya Bu. Jadi, Bu Dian ini menjadi perwakilan dari Jawa Tengah sebagai konsumen yang setia terhadap Indosat. Ibu merupakan nomor tiga dari sepuluh pemenang yang kami pilih. Dan Ibu merupakan perwakilan dari Jawa Tengah. Ibu telah menggunakan nomor ini sejak enam tahun yang lalu ya bu?
Dian                     : Nggak tahu Mas, lupa.
Hendra                 : Iya Bu, Ibu sudah menggunakan nomor indosat ini selama enam tahun karena ibu  mulai menggunakannya sejak bulan Juni tahun 2009.
Dian                     : Masak sih? (Sambil mengingat-ingat kapan pertama kali Aku pakai nomor ini. Hmm, Aku pakai nomor ini sejak akhir SMA itu artinya tahun 2009. Ih, dia kok bener? Kok bisa tahu sih dia? Jadi tambah penasaran.)
Hendra                 : Iya Bu, benar. Di data kami seperti itu. Coba Ibu ingat-ingat lagi. Hanya Indosat dan Ibu yang tahu kapan ibu memulai menggunakan nomor ini, dan sisa pulsa ibu saat ini.
Dian                : (Waaah, jangan-jangan data indosat sudah jebol? Haduh, harus makin hati-hati nih.)
Hendra            : Coba sekarang bu dian cek KTP Ibu ya, Saya akan bacakan nomor KTP Ibu, sudah benar atau belum?
Dian                     : Ya..
Hendra              : Siap ya Bu, nomor KTP ibu adalah 337504********* sudah benar Ibu?
Dian                     : Yaa.. (Ih, dia tahu nomor KTP ku. Bener-bener nih, dia ambil dataku dari Indosat. Sambil membuka lagi SMS dari Indosat tadi dan memahami makna dari kata “Indosat assistant”. Haduh! Darisini nih kayaknya dia tahu dataku. Secara pemahaman awam, bisa jadi dia ngaku-ngaku sebagai asistantku dengan kode tadi. Dan, web Indosat yang dimaksudkan? Itu web untuk lihat datanya kali ya, dengan memasukan kode tadi. Yaah, sudah terlanjur ku kasihkan kodenya, dia sudah terlanjur baca donk ya.)
Hendra                 : Nah, untuk pemberian hadiahnya kami bekerjasama dengan mandiri bu. Ibu akan mendapatkan hadiah dari Indosat sebesar sepuluh juta rupiah. Dan cara mengambilnya cukup mudah, tanpa potongan dan tannpa pajak. Ibu hanya perlu ke ATM Mandiri.
Dian                     : Sorry Mas, Saya nggak punya rekening Mandiri, besok hadiahnya Saya ambil ke Jakarta aja ya. (Dalam hati mau tak sudahi, tapi kok tanggung ya sudah sampai sini. Lanjut nggak ya?)
Hendra                 : Oh, Ibu nggak perlu khawatir, Ibu nggak harus pakai kartu ATM Mandiri kok. Cuman ambilnya aja di  ATM Mandiri.
Dian                     : Kok bisa? (Tiba-tiba teringat pengalaman beberapa tahun yang lalu ketika hampir ketipu  dengan cara ambil uang di ATM juga. Tapi saat itu baru masukin kartu ATM Aku mundur, nggak Aku lanjutin karena ada temen yang ingetin kalau itu penipuan. Wah, jadi penasaran, sebenarnya setelah masukin kartu itu Aku bakal suruh ngapain ya?)
Hendra                 : Bisa Ibu, dengan menggunakan kartu ATM apapun, bisa untuk mengambil dananya di ATM Mandiri. Ibu punya nya rekening apa Bu?
Dian                     : Mmm… (Gimana ya biar Aku bisa ikutin alurnya tanpa Aku dirugikan? Mmm, rekening kosong! Ya, coba pake kartu ATM yang nggak ada saldonya aja.. Haha.. Sambil buka-buka dompet, cari kartu ATM yang jarang kupake  dan saldonya tinggal puluhan ribu.) 
Hendra                 : Gimana Bu, punya kartu ATM kan?
Dian                     : Punya siih…
Hendra                 : Apa Bu kartu ATM nya?
Dian                     : Ada lah pokoknya, termasuk ATM bersama.
Hendra                 : Oke, sekarang ibu ke ATM Mandiri ya, telfon nya jangan dimatikan.
Dian                     : Lho, harus sekarang? Kasih tau caranya aja lah, ntar malam saya  ke ATM nya. (Dalam hati: Lagi capek nih, baru pulang dari muter-muter tanah abang, mau makan dulu.)
Hendra                 : Harus sekarang ibu, nanti malam sudah harus tayang di MNC soalnya.
Dian                     : Tapi kebetulan saya lagi ada urusan di luar kota nih Mas, nggak tahu ATM mandiri disini. Mau cari tahu dulu yah. Tar malam aja saya ambilnya, sekarang mas kasih tahu cara ambilnya gimana.  (Sengaja nggak ngaku kalau di Jakarta, ntar dia bisa mundur kalau tahu.)
Hendra                 : Nggak bisa gitu ibu, karena caranya  memang harus saya pandu. Dan ini kan direkam bu pembicaraan kita. Hanya berlaku untuk sekali panggilan. Gini aja, deket situ ada indomart atau alfamart kan bu?
Dian                     : Ada. (Ini orang maksa banget sih.. Mau rehat dulu Aku, lapar. Tapi penasaran).
Hendra                 : Oke, Ibu sekarang ke Indomart atau Alfamart aja, biasanya disana ada ATM Mandiri. Ibu antri seperti yang lain, kalau sudah dapat giliran Ibu sambil dengarkan telpon lagi, saya pandu.
Dian                     : Ya..
Hendra                 : Ibu berangkat sekarang ya bu. Telfonnya jangan sampai mati. Kalau sudah di depan mesin ATM kabari saya bu, ucapkan “Halo halo”.
Dian                     : Ya… (HP Aku letakkan, karena masih capek dan lapar, Aku mau istirahat dulu aja ah. Sambil duduk menikmati es teh, Aku buka nasi bungkus yang baru Aku beli dari warung)
Hendra                 : Halo… halo Bu Dian… Haloo… Bu Dian sudah berangkat belum?
Dian                     : (Tu orang kok masih dengerin telfonnya aja sih, hola halo.)
Hendra                 : Halo Bu Dian, kenapa Ibu diam saja? Ibu sudah berangkat belum?
Dian                     : (angkat lagi aja deh) Ya..
Hendra                 : Bu Dian tolong telfonnya jangan dibungkam ya, kalau dibungkam jaringannya bisa terputus.
Dian                     : Nggak kok Mas.
Hendra                 : Bu Dian segera berangkat ya, durasi bu durasi.
Dian                     : Yaa.. (Ni orang tahu aja sih kalau Aku belum berangkat, masih mau santai, hehe)
Hendra                 : Beneran ya Bu, Saya tunggu. Ibu hati-hati dijalan nggak usah buru-buru. Utamakan keselamatan Ibu.
Dian                     : Yaa.. (Oke, berangkat aja deh biar segera selesai. Mmm, sebaiknya semua kartu penting dan ATM yang ada saldonya Aku tinggal aja di kamar. Cukup bawa Kartu ATM yang saldonya tinggal puluhan ribu, fotokopi KTP dan uang lima puluh ribu. )

Akupun berangkat ke Indomart dan Alfamart terdekat, namun tidak menemukan ATM Mandiri. Dan menurut pria yang mengaku bernama Hendra tadi, ATM nya harus Mandiri karena ATM lain nggak ada menuny. Setelah berjalan sekitar delapan ratus meter, akhirnya Aku menemukan ATM Mandiri. Dan transaksi pun dimulai.

Dian                     : Halo halo.. Mas Hendra Aku sudah di ATM Mandiri nih.
Hendra                 : Oke baik, terimakasih Bu Dian sudah mau berusaha. Ibu ikuti Instruksi saya ya Bu, jangan mendahului.
Dian                     : Oke.
Hendra                 : Masukan kartu ATM Ibu, tekan bahasa Indonesia. Lalu masukan password Ibu, dirahasiakan ya Bu passwordnya, jangan disebutkan. Jaga kerahasiaan password Ibu.
Dian                     : Ya (yalah, masak Aku mau kasih tau password).
Hendra                 : Sudah bu, sekarang tekan transaksi lainnya, lalu tekan informasi saldo. Sudah ibu?
Dian                     : Sudah.
Hendra                 : Disitu saldonya tertera berapa bu?
Dian                     : Ada deh…
Hendra                 : Ibu tolong sebutkan saldonya, supaya ketahuan ntar transaksi pengambilan uang sepuluh jutanya sudah berhasil atau belum.
Dian                     : Tanpa step itu bisa kok, di skip aja. Tar Aku kasih tau udah berhasil atau belumnya. (Tittiittiiit, peringatan dari mesin ATM berbunyi karena Aku terlalu lama berdebat dan mendiamkan kartu ATM didalam mesin tanpa transaksi. Sebelum kartu tertelan, Aku segera mengeluarkannya.)
Hendra                 : Tapi bu, kalau ibu tidak sebutkan disini, rekamannya tidak bisa membedakan saldo sebelum dan sesudah transaksi.
Dian                     : Kalau harus melalui step itu, saya nggak jadi ambil aja mas. Uangnya buat mas. (Aku tetap nggak mau menyebutkan saldo, karena kalau dia tahu saldoku di awal, dia pasti akan menyuruhku nyari kartu ATM dengan saldo minimal tertentu, satu juta atau berapapun.)
Hendra                 : Oke oke, maaf bu. Kalau begitu, ke step selanjutnya aja. Sekarang tekan menu lainnya bu.
Dian                     : Sebentar, kartu saya baru saya keluarkan tadi. Ini mau masukin lagi.
Hendra                 : Baik Bu, ulang dari awal ya.  Masukkan kartu, pilih bahasa Indonesia, lalu masukan password.
Dian                     : Ya.. terus?
Hendra                 : Pilih lainnya.
Dian                     : Ya.. lalu?
Hendra                 : Pilih Uang elektronik.
Dian                     : Ya.. (uang elektronik? E-Money donk ya?) teus?
Hendra                 : Saya bacakan kodenya ya bu, ketikan disitu.. *blablablabla…* (Aku lupa kodenya)
Dian                     : Sudah, terus?
Hendra                 : Ketik 1234567, lalu lanjutkan
Dian                     : Ya.. (setelah mencet lanjutkan keluar nominal sebesar Rp 1.234.567,-  itu artinya kayaknya Aku suruh isi e-money dia sebedsar nominal itu. Padahal saldoku nggak ada segitu, paling juga gagal, ikutin aja dah.)
Hendra                 : Sudah bu? Di Oke ya bu..
Dian                     : Ya..
Hendra                 : Slip dan kartunya sudah keluar ya bu?
Dian                     : Sudah.
Hendra                 : Oke, sekarang masukan lagi, tekan bahasa Indonesia, masukkan password, tekan lainnya, uang elektronik, ketikkan kode *blablabla*, lanjutkan, ketik 567890, oke.
Dian                     : (Dan kembali dia minta top up ke e-money sebesar Rp 567.890,-) Oke, sudah..
Hendra                 : Oke, sekarang cek saldo ibu, apakah hadiahnya sudah masuk?
Dian                     : Nggak ada uang masuk ke rekening saya mas, malah saldo saya berkurang.
Hendra                 : Lho, kok bisa? Padahal tadi alurnya sudah bener lho bu. Memangnya berkurang berapa bu?
Dian                     : Sepuluh ribu.
Hendra                 : Oh, itu berarti biaya administrasi untuk dua kali transaksi  tadi bu, karena ibu kartu ATM nya bukan mandiri. Terus, saldo ibu sekarang berapa?
Dian                     : Emang harus banget ya nyebutin saldo?
Hendra                 : Iya bu, kan Kami nggak tahu transaksinya berhasil atau nggak kalau ibu nggak sebutkan saldo.
Dian                     : Oke, saldo Saya delapan puluh tiga ribu rupiah.
Hendra                 : Maaf Bu, bisa diulang?
Dian                     : delapan puluh tiga ribu mas.
Hendra                 : Emang tadinya berapa bu?
Dian                     : Sembilan puluh tiga.
Hendra                 : Sembilan puluh tiga apa bu?
Dian                     : Sembilan puluh tiga ribu rupiah lah.
Hendra                 : Masak sih bu? Mungkin ibu salah lihat. Atau saya yang salah dengar? Coba bacakan sato per satu angkanya bu.
Dian                     : sembilan, tiga, nol, nol, nol.
Hendra                 : Masak digitnya segitu bu, mungkin ada angka lain yang belum dibacakan bu?
Dian                     : Angka lain gimana ah, emang segitu saldio saya. Tadinya sembilan puluh tiga ribu, habis transaksi tadi kepotong sepuluh ribu, sekarang tinggal delapan pukluh tiga ribu rupiah. (Hahaha, rasakan kau. Minta top up jutaan kok dari rekening yang puluhan ribu doank, ya gagal laaah.)
Hendra                 : : Mmmm….  Berarti ada kesalahan teknis bu. Mungkin kartunya nggak  cocok. Ibu ada rekening lain? Coba pakai kartu ATM yang lain Bu.
Dian                     : Nggak ada mas, kartu ATM saya Cuma ini.
Hendra                 : Masak sih ibu keluar kota Cuma bawa kartu ATM satu dan isinya segitu?
Dian                     : Emang gitu. Sabar yah. (Haha, si penipu masih ngeyel aja minta ATM yang ada isinya, dia pikir semudah itu Aku mau transfer, haha capek ya mas hampir dua jam mandu lewat telepon tapi hasinya nihil? Haha).
Hendra                 : Yaah, ibu. Maaf ya Bu merepotkan. Tuuuttuuuttuuut…

Dia pun menutup telfon dengan nada kecewa karena tidak mendapatkan kiriman sepeser pun dariku. Jam menunjukkan pukul lima sore. Ternyata penipu itu sudah ngoceh selama dua jam tanpa hasil apapun kecuali zonk. Oke, cukup lelah memang jalan pulang pergi cari ATM mandiri, tapi Aku puas setelah mengetahui alur penipuannya dari awal sampai akhir.
Nah, modus seperti ini sengaja ditujukan ke orang-orang di luar Jakarta. Kenapa? Karena di luar jakarta nggak ada E-Money, mereka nggak tahu apa itu uang elektronik.
E-money adalah kartu yang digunakan untuk membayar beberapa fasilitas umum di Jakarta secara elektronik. Bisa digunakan untuk membayar busway, parkir, bensin, dan lain sebagainya. Jadi di dalam E-money tersebut kita bisa isikan saldo, semacam pulsa, dan kita bisa menggunakan kartu iitu untuk membayar dengan cara menempelkan kartu pada mesin bayarnya. Maka saldo pun akan berkurang. Pengisisan E-Money bisa dilakukan salah satunya dengan cara mengisi saldo lewat ATM. Dan yang dilakukan oleh penipu tadi adalah  dengan memanduku untuk mengirimkan sejumlah saldo tabunganku ke kartu E-Money miliknya.
Lalu, darimana penipu itu tahu tentang data diriku? Dia menggunakan layanan “Indosat assistant” melalui web indosat. Dengan memasukkan nomor dan  kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor tersebut, dia dapat membuka informasi mengenai data pengguna kartu. Data itu indosat peroleh ketika kita memasukkan identitas saat pertama kali kita aktivasi kartu.
So, hati-hati ya terhadap berbagai penipuan yang mengatasnamakan perusahaan tertentu dan menjanjikan hadiah untuk kalian. Semoga sharing pengalamanku ini bermanfaat untuk kalian. J






9 komentar:

  1. hehe.. saya juga pernah mengalami kejadian yang hampir sama

    BalasHapus
  2. SIIP...makasih bngt infonya.amat sangat mmbantu.
    krn barusan suami sy jg dpt tlp serupa.dgn pmbicaraan yg hampir sama,hanya saja si penipu bilang nya dari mycare ooredo(layanan baru dr ooredo)dan tl jg sejaman

    so utk pelanggan indosat/ooredo mhn berhati2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama bu, semoga bermanfaat. Iya sekarang indosat sudah berganti nama menjadi ooredo, jadi penipunya menyesuaikan supaya ga ketahuan menipu. Hehe

      Hapus
  3. trus si mbak itu udh mengikuti langkahnya apakah tidak berbahaya nantinya apabila saldo mba terisi,. apakah mereka tidak mengambil uang dengtan otomatis,., tolong jawabannya yh mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempat membaca komentar di blog inj Mas, setelah sekian bulan. Sejak kejadian itu sampai sekarang Saya menggunakan norek yang saya pakai tadi secara aktif untuk transaksi sehari-hari. Alhamdulillah saldo tidak pernah hilang atau berkurang sendiri, kecuali saya pakai untuk transaksi. Selagi kita tidak memberikan data penting seperti password, norek, kartu atau tabungannya, insyaallah aman. Karena pada saat itu saya tidak menyebutkan identitas apapun mengenai rekening saya, baik nama bank, nomor rekening, hingga password, saya rahasiakan semuanya, jadi aman. Tapi alangkah lebih baik untuk lebih berhati-hati dan hindari interaksi lebih jauh dengan penipu.

      Hapus
  4. saya udah sempet kehilangan 20ribu mbak, nantinya bakal.kesedot lagi ga ya?

    BalasHapus
  5. saya udah sempet kehilangan 20ribu mbak, nantinya bakal.kesedot lagi ga ya?

    BalasHapus
  6. tambahan nih... buat yang terlanjur memberikan kode... silahkan telfon layanan indosat dan melaporkan kejadiannya... agar akun yang di verifikasi tadi misalnya akun mycare bisa diblokir agar tidak dimanfaatkan untuk kepentingan lain....

    BalasHapus